Perspektif Dasar Tentang RBM
__________________________________________________________
Apakah RBM itu?
- Kegiatan untuk merangsang dan mengembangkan ide, cara, proses serta hasil belajar kolektif guna meningkatkan harkat dan derajad masyarakat
Apa dasar berpikir pendekatan RBM?
- Pengembangan diri dan masyarakat terjadi melalui relasi serta interaksi yang intens diantara manusia dan manusia dengan lingkungannya
- Masyarakat senantiasa dinamis, berubah serta memiliki pengalaman unik pada setiap tempat baik secara sosial, budaya, maupun ekonomi
Apa saja dimensi belajar dalam konteks RBM?
- Terjadinya perubahan perilaku
- Pengetahuan, sikap dan kebiasaan baru
- Perubahan terjadi karena pengalaman
- Pengalaman baru adalah treatment program RBM
Bagaimana RBM dikembangkan?
- Kondisionalisasi artinya diberikan rangsangan melalui kegiatan pendukung (treatment program)
- Kontekstualisasi artinya pengembangan belajar berdasarkan masalah dan lingkungan masyarakat sendiri
- Replikasi artinya dapat dikembangkan di tempat lain
- Modeling artinya mengembangkan pembelajaran dengan contoh-contoh
Apakah syarat pokok pengembangan ruang belajar?
- Adanya basis komunitas/kelompok
- Fokus dan tematis
- Bermula dari pengalaman partisipan
- Berproses melalui pendekatan hadap masalah dan potensi lokal
- Didukung para kader yang andal
Apakah esensi dasar RBM?
1. Mengkonstruksi
- Membangun keterkaitan antar unsur
- Pemahaman berasal dari pengalaman
2. Inquiry
- Tidak sekedar mengamati tetapi menjalani
- Berpikir secara kritis atas kenyataan
- Memecahkan masalah yang dihadapi
3. Drive
- Kelompok inti RBM mendorong, membimbing dan mengembangkan model
4. Masyarakat Belajar
- Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar
- Belajar bersama lebih baik daripada belajar sendiri
- Saling bertukar pengalaman (hasil melakukan) bukan pengamatan
- Saling berbagi ide
5. Modeling (Pemodelan)
- Proses menampilkan contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
6. Refleksi
- Cara berpikir tentang apa yang telah dipelajari (ide, pengetahuan baru, pengalaman baru, pemahaman baru)
- Merekam apa yang telah dipelajari (ide, pengetahuan baru, pengalaman baru, pemahaman baru)
- Memformulasi (membuat bulletin, karya seni, diskusi kelompok)
7. Authentic Assessment (Penilaian yang Sebenarnya)
- Evaluasi pengalaman dan pemahaman
- Penilaian performance
- Penilaian capacity
- Trust building
- Sinergy
Apakah capaian perubahan perilaku partisipan setelah bergabung dengan RBM?
- Sadar dan sengaja
- Kontinuitas
- Fungsional
- Positif
- Pro aktif
- Bertujuan dan terarah
- Holistik/menyeluruh
(Lendy Wibowo)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.