Sabtu, 29 September 2012

RBM Tana Toraja, "Bangga membangun Desa Tanpa Korupsi"

Salah satu kegiatan RBM sebagaimana tertuang dalam Panduan RBM PNPM MPd adalah Gelar Uji Kapasitas, tujuan dari kegiatan ini untuk merangsang semangat belajar, komitmen serta konsistensi pelaku terhadap program, peran tugas serta perjuangan melawan kemiskinan dan kebodohan. Kegiatan Gelar Uji Kapasitas Pelaku di Tana Toraja mengambil tema cukup menarik yakni, "Bangga membangun Desa Tanpa Korupsi". Tema ini cukup berani, provokatif dan menjadi bukti bahwa RBM memberi kontribusi terhadap gerakan perang melawan korupsi.  
Lendy@Kelembagaan Lokal NMC

 

POKJA RBM Tana Toraja Gelar Uji Kapasitas Pelaku

Salah satu langkah yang diambil dalam meningkatkan kapasitas pelaku PNPM se-Kabupaten Tana Toraja, Tim Pokja RBM (Ruang Belajar Masyarakat) bekerja sama dengan Tim Faskab PNPM-Mandiri Perdesaan Kab. Tana Toraja dan Satker PNPM Mandiri perdesaan (PNPM-MPd) Kab. Tana Toraja menggelar Lomba Cerdas Cermat Antar pelaku PNPM se-Kabupaten Tana Toraja, Sabtu (09/6/12), di Hotel Sangalla', Makale.

Lomba Cerdas Cermat dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku ini, diberi nama "GELAR UJI KAPASITAS", dengan mengangkat thema "Bangga membangun Desa Tanpa Korupsi".

Lomba cerdas cermat ini dibagi dalam dua kategori, dimana kategori pertama adalah Lomba Cerdas antara pelaku tingkat kecamatan, dan tingkat kelurahan/Lembang.

Untuk tingkat kecamatan diwakili oleh para pelaku PNPM tingkat kecamatan yaitu, UPK, BPUPK, BKAD, dan PL, sementara untuk tingkat kelurahan/Lembang diwakili oleh Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa /Lembang (KPMD/L), Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Kader Teknik (KT), dan pelaku lainnya yang ada di Kelurahan/Lembang.

Faskab Tana Toraja, Suherman, SP dalam sambutannya mengatakan tujuan yang dicapai dari kegiatan ini adalah untuk menguji dan mengetahui serta meningkatkan kapasitas para pelaku PNPM se- Kab. Tana Toraja. Baik pelaku yang ada di Kecamatan, maupun para pelaku yang ada di Lembang/Kelurahan.

Sementara itu Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Lembang (BPMD/L), Yurinus Tangkelangi', SH, MH, dalam sambutannya mengatakan Lomba cerdas cermat semacam ini, menurutnya sangat baik dilaksanakan, karena selain untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi peserta, tentunya juga ke depannya diharapkan peserta cerdas cermat juga dapat menyampaikan dan ikut mensosialisasikan PNPM Mandiri Perdesaan di tengah-tengah masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua Pokja RBM Kab. Tana Toraja, Yunus N, Seang Tana, SH dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini, baik itu dari Pengurus Pokja sendiri, Satker PNPM Tana Toraja, Tim Faskab, FK/FT, maupun seluruh peserta cerdas cermat sehingga pelaksanaan lomba cerdas cermat dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Lomba untuk masing-masing kategory berlangsung dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak Final.
Untuk kategory Pelaku kecamatan, juara I diraih oleh kecamatan Sangalla Utara, disusul dari kecamatan Makale Utara sebagai juara II, dan Kecamatan Sangalla' Selatan sebagai Juara III.

Untuk kategory Pelaku Kelurahan/Lembang, Juara I diraih oleh Kecamatan Sangalla' Utara, disusul Kec. Malimbong Balepe' di peringkat II dan Kecamatan Sangalla Selatan di Peringkat III.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.