Sabtu, 29 September 2012

RBM Mempercepat Kemandirian Pengelolaan Program Ke Daerah

Kegiatan RBM menyentuh kebutuhan strategis baik terkait dengan proyek, program maupun kebutuhan pembangunan lain di daerah. Bahkan isu strategis nasional menjadi garapan RBM di daerah, misal terkait isu peran perempuan, advokasi hukum masyarakat, pengawasan pembangunan, pengembangan kader teknik, pengembangan media serta invitasi dan penghargaan kepada pelaku. RBM adalah totalitas, yang mensinergikan kerja-kerja proyek dan agenda program untuk sustainability. Seperti yang disampaikan Direktur KPM PMD Kemendagri, diharapkan RBM menjadi 'Core Bussines' Pemberdayaan Masyarakat. RBM diharapkan menjadi benteng sekaligus bangunan cultur capacity building warisan program yang mencirikan otonomi dan kemandirian masyarakat di daerah serta desa. RBM diharapkan mempercepat kemandirian pengelolaan program ke Daerah.

semoga contoh-contoh kegiatan RBM Kab. Rohul di bawah ini dapat menginspirasi kawan-kawan. 

Salam Si Kompak
Lendy@Kelembagaan Lokal NMC

KEGIATAN RBM PNPM-MPd Kab. Rohul

Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan melalui Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Rokan Hulu yaitu:
  1. Pelatihan Pemberdayaan Perempuan pada tanggal 20 s/d 21 Januari 2012 dengan mengundang narasumber dari Dinas Bidang Pemberdayaan Perempuan dan DISPERINDAG. Dengan inti pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas kaum perempuan agar lebih kreatif, aktif dan imajinatif dalam mengelola rumah tangga dan berwirausaha. 
  2. Pada tanggal 14 s/d 17 Maret 2012, diadakan Pelatihan Lanjutan Kader Teknik dengan tema Melalui RBM Tingkatkan Kapasitas dan Kemandirian Kader Teknik Dalam Mengelola Pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu. 
  3. Dan tanggal 24 s/d 26 Mei 2012 juga telah diadakan Pelatihan Community Based Monitoring (CBM) dengan tema Strategi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Mengawasi Pembangunan Daerah. 
  4. Tanggal 19 s/d 20 Juni 2012, melalui RBM juga telah diadakan Pelatihan Advokasi Hukum. Yang menjadi tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pelaku kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan melalui upaya advokasi hukum. 
  5. Melaksanakan kegiatan di bidang media, seperti Baliho yang disediakan untuk 6 (enam) Kecamatan Reguler dan Kabupaten, Buletin yang diterbitkan setiap 3 (tiga) bulan sekali/per triwulan yang berisi informasi-informasi terbaru mengenai kegiatan PNPM-MPd di Kabupaten Rokan Hulu, siaran Radio Lokal dengan menjalin kerjasama dengan Radio Harmoni Sapadia Rohul di 99,3 fm yang disiarkan setiap hari senin pada minggu kedua jam 4 sore setiap bulannya, website internet di rbmrohul.blogspot.com 
  6. Mengadakan tes seleksi pelaku PNPM-MPd terbaik untuk 6 (enam) Kecamatan Reguler melalui Invitasi Kapasitas Pelaku dari tanggal 12 Juni 2012 s/d 15 Juni 2012 yang dilanjutkan kembali pada tanggal 27 s/d 29 Juni 2012. Hasil seleksi dan pemberian penghargaan akan diberikan pada saat Workshop Evaluasi 
  7. WS Evaluasi dilaksanakan pada bulan Juli 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.