Senin, 24 September 2012

Pelatihan Kader Teknik melalui RBM PNPM MPD Kabupaten Klungkung Bali

Pelatihan Kader Teknik membuktikan komitmen Pemerintah dalam pengembangan sumberdaya manusia (human resources investment). Kader Teknik adalah pelaku di tingkat desa yang selama ini memfasilitasi kegiatan dan pekerjaan sarana prasarana masyarakat. Perspektif pelatihan kader teknik melalui RBM adalah untuk meningkatkan ketrampilan, pengetahuan dan sikap seorang kader. Kader Teknik diharapkan bisa mengkombinasikan kemampuan teknik dengan ketrampilan sosial. Dalam konteks RBM, tahapan awal pelatihan kader teknik bersifat pengkondisian dan kontekstualisasi materi serta kebutuhan masyarakat setempat. Ketrampilan dasar menghitung, mengukur, membagi, menggambar bisa dikaitkan dengan aspek sosial dan budaya. Pokja TPM di RBM perlu mengagendakan secara berkala diskusi yang mengkaitkan aspek teknik dengan aspek sosial. Perlu mulai dibahas/didiskusikan arsitektur dan struktur bangunan lokal dikaitkan dengan nilai dan adat setempat......(Lendy@Kelembagaan Lokal NMC)
_____________


PNPM M Perdesaan Kabupaten Klungkung - Jumat, 13 April 2012 @ 04:29:

Semangat kegiatan peningkatan kapasitas para pelaku PNPM-MPd Kabupaten Klungkung kembali berkobar. Kini giliran para Kader Teknis Desa dari kecamatan Banjarangkan dan Nusa Penida yang dilatih melalui Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Klungkung bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Klungkung.

Kegiatan yang dibuka pada Rabu(22/2) oleh Ketua Pokja I Wayan Darmanaba,SH, MM  ini dilaksanakan selama lima hari dengan peserta sebanyak  46 orang yang terdiri dari unsur utama kader teknis serta ditambah dengan PL, beberapa KPMD dan TPK. Sampai dengan tanggal 26/2 peserta akan dijejali dengan materi-materi; kebijakan program PNPM-MPd, Pemberdayaan Masyarakat, Kebijakan Pengintegrasian, Perencanaan Pembangunan Desa, Pendidikan Orang Dewasa, Memahami Pembelajaran, Memilih Metode Pelatihan, Mengembangkan Agenda Pelatihan, Menulis Rencana Sesi, Peran dan Tugas Kader Teknik, Rencana Kegiatan Infrastruktur dan kegiatan praktek membuat desain RAB. Materi-materi tersebut dibawakan oleh 3 orang pelatih yaitu I Nyoman Sudipa, S.T, M.Si, Dewa Made Tirta, S.Pd, dan I Wayan Cemeng, ditambah dengan I Made Adi Parmadi, S.T (FasKab) dan I Wayan Darmanaba, SH, MM sebagai narasumber.

Pelatihan ini diharapkan dapat menghasil para kader, disamping mampu membuat desain dan RAB tetapi juga mampu sebagai pelatih bagi masyarakat di desanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.