Rabu, 29 Juni 2011

WS Sosialisasi RBM Pidie


Pidie Raya - 24 June 2011 | 0 Komentar
Sigli | Harian Aceh – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Pidie bekerja sama dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) menggelar workshop Ruang Belajar Masyarakat (RBM) di Aula Kemenag Sigli, Kamis (23/6). Kegiatan tersebut dilakukan untuk peningkatan kapasitas lembaga dalam mengembangkan program di lapangan.
Dalam workshop yang berlangsung selama sehari penuh tersebut diikuti oleh 172 perwakilan peserta dari seluruh kecamatan di Pidie, yaitu dari tokoh pelatih masyarakat (TPM), Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Badan Pengawasan UPK, UPK dan Pendamping Lokal (PL).
Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM Pidie, Irhamuddin, saat ditanyai Harian Aceh, kemarin, mengatakan, workshop yang diikuti ratusan peserta tersebut dilakukan untuk peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM) sehingga keberadaan personalia RBM dapat memnbantu kesuksesan program PNPM di lapangan.
Dikatakannya, Ruang Belajar Masyarakat (RBM) merupakan bagian dari PNPM, yang akan bergerak di bidang edukasi, seperti pelatihan masyarakat, penanganan masalah humanity base, monitoring, advokasi hukum dan seni budaya. “RBM dibentuk lebih bersifat edukasi terhadap pemberdayaan SDM masyarakat ketimbang sisi financial,” paparnya.
Irhamuddin menjelaskan dalam workshop tersebut juga digelar diskusi mengenai kerangka acuan program kerja di masing-masing bidang. “Nanti setelah acuan ini menjadi suatu rencana kerja akan dilangsungkan rapat kerja Pokja guna menyusun program kerja selama setahun ke depan,” katanya di sela-sela kegiatan.(muh)

(harian-aceh.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.