Rabu, 29 Juni 2011

WS RBM I Murung Raya

Pelatihan dan Workshop Ruang Belajar Masyarakat (RBM), pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP), diharapkan dapat meningkatnya kualitas pelaksanaan program dan evaluasi, sehingga terbentuk suasana yang dinamis.
 “Sosialisasi dan Workshop merupakan kegiatan yang realistis, terukur, dan  didukung SDM yang tersedia, sehingga memberikan kontribusi nyata terhadap konsep RBM dan Pokja yang terbentuk,” kata Bupati Murung Raya Willy M Yoseph, melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Budie, ketika membuka Sosialisasi dan Workshop bersama Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan Pengawas UPK (BP UPK) Pendamping Lokal (PL) di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Konut, Kecamatan Tanah Siang, Senin (23/5).
Selain itu, PNPM-MP juga diharapkan mampu memberikan perubahan pada masyarakat, baik cara pandang, kapasitas, peningkatan tarap hidup dan kemandiriannya. ’’ Banyak pengalaman positif yang diperoleh  melalui pelaksanaan PNPM-MP, seperti tingkat partisipasi masyarakat, inisiatif lokal, pelatihan, pengawasan partisipatif, dan pengelolaan pembangunan fisik dan non fisik serta administrasi’’ katanya.
Budie menambahkan, model baru RBM, merupakan suatu kultur perilaku belajar yang terorganisir, terstruktur dan sistematik, terbentuk sebagai hasil pengondisian ruang bersama dilakukan secara terus menerus, oleh masyarakat sebagai pelaku utama.
Kemudian hasilnya ditindaklanjuti dengan rangkaian kegiatan, penyusunan modul pelatihan, pelatihan (TOT) tenaga pelatih masyarakat (TPM), pengembangan media kabupaten dan pelatihan-pelatihan dalam rangka penguatan pemantauan berbasis masyarakat, penanganan masalah, advokasi hukum maupun kegiatan lainnya.
 “Kegiatan PNPM tahun 2011 yang ditandai dengan Sosialisasi dan Workshop ini merupakan dasar suksesnya pelaksanaan RMB, dan kualitas perencanaan yang dihasilkan nantinya. Untuk itu, para pelaku dapat berperan aktif secara optimal selama proses workshop berlangsung,” kata Budie lagi. c-bam
media.hariantabengan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.