Rabu, 29 Juni 2011

WS Perencanaan RBM Bogor

Ruang Belajar Masyarakat Fasilitasi Realisasi PNPM PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 15 April 2011 05:10
SEBANYAK 230 orang dari 23 kecamatan se-Kabupaten Bogor mengikuti Workshop Ruang Belajar Masyarakat atau RBM di Hotel Dirga Cibulan, Kecamatan Cisarua, Rabu-Kamis (13-14/4) kemarin. Acara menghadirkan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), serta Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kabupaten Bogor.
RBM merupakan wadah atau bagian dari PNPM yang berfungsi untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) dalam pelaksanaan program PNPM. Bidangrbidangnya meliputi humanity base, monitoring, advokasi hukum, pelatihan masyarakat, maupun mengakomodir bidang seni budaya.
Asep Saepul Bahri, Ketua UPK Kecamatan Cijeruk sekaligus Sekretaris Pokja RBM Kabupaten Bogor, mengatakan RBM dibentuk lebih bersifat edukasi terhadap pemberdayaan SDM masyarakat ketimbang sisi finansial. "Melalui workshop ini, juga untuk membentuk kelompok kerja atau Pokja Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) tingkat Kabupaten Bogor," katanya di sela acara, kemarin.
Digelarnya workshop sekaligus mendiskusikan kerangka acuan program kerja di nnasing-masing bidang. Nanti setelah acuan ini menjadi suatu rencana kerja, akan dilangsungkan rapat kerja Pokja guna menyusun program kerja selama setahun.
"Yang dibahas dalam program kerja selam setahun itu yakni melingkupi pengingkatan sumber daya manusia (SDM) para pelaku PNPM, peningkatan berbagai kualitas yang sudah tercapai di tahun sebelumnya," tambahnya.
Ke depannya, kata Asep, diupayakan bisa meningkat baik fisik maupun perguliran ekonomi simpan pinjam perempuan (SPP). la juga menjelaskan, selama ini sudah banyak pembangunan yang dicapai melalui PNPM ini mulai dari pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), sarana air bersih hingga pembangunan infrastruktur jalan. (Acep Mulyana)
Sumber : Jurnal Bogor 15/04/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.