Rabu, 29 Juni 2011

WS Pembentukan Pokja RBM Pati

Desiminasikan Informasi Dan Teknis RBM, PNPM Mandiri Perdesaan Gelar Workshop PDF Cetak Email
Ditulis oleh Agus Pambudi   
Sabtu, 18 Juni 2011 20:32
pasfmpati.com (Pati, Kota) - Sebagai upaya untuk mendesiminasikan informasi pokok dan teknis ruang belajar masyarakat (RBM), PNPM Mandiri Perdesaan Kab Pati menggelar workshop I. Workshop I RBM yang berlangsung di Hotel Gritari Pati ini, diikuti 143 peserta.
Workshop I RBM oleh PNPM Mandiri Perdesaan itu, selain mendesiminasikan informasi pokok dan teknis RBM, sekaligus untuk menetapkan kepengurusan Pokja RBM sesuai struktur organisasi serta penetapan RKTL RBM Kab Pati tahun anggaran 2011.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kab Pati Sugiharto SH MM saat membuka workshop I RBM itu mengatakan, pengalokasian Dana Operasional Kegiatan (DOK) RBM pada tahun 2011 ini, sebagai tindak lanjut ratifikasi Pemerintah Indonesia terhadap konvensi pemenuhan hak-hak dasar manusia, dan pencanangan delapan prioritas isu internasional.

“Yang tak lain sebagai upaya untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat, yakni adanya pembelajaran, pengembangan, pikiran dan tindakan alternatif dan peningkatan kapasitas yang dilakukan dalam rangka untuk menjawab kebutuhan riil yang dihadapi masyarakat.”, katanya.

Kepala Bapremades Kab Pati berharap, selesai workshop itu peserta dapat mengembangkan tempat pelatihan masyarakat di desa, kecamatan dan Kabupaten Pati. Dan yang tak kalah pentingnya, dapat mengembangkan kegiatan berbasis pengalaman lokal yang memungkinkan terjadinya proses belajar kolektif masyarakat. Serta menyediakan sarana dan prasarana pendukung untuk menunjang kebutuhan peningkatan kapasitas masyarakat.

Struktur organisasi Pokja RBM Kabupaten Pati terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dilengkapi masing-masing koordinator Pengawasan Berbasis Masyarakat, Koordinator Advokasi Hukum, Koordinator Media, dan Koordinator Peningkatan Kapasitas Masyarakat.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.